Dirlantas Polda Sumut Dimutasi
Ilustrasi

Dirlantas Polda Sumut Dimutasi

MEDAN - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Irjen Pol Tito Karnavian melakukan perombakan terhadap sejumlah jabatan perwira tinggi (Pati) dan perwira menegah (Pamen) di tubuh Polri. 

Mutasi jabatan itu tertuang pada surat telegram bernomor ST/2023/VIII/Kep/2019 tanggal 2 Agustus 2019.

Dari daftar nama-nama pejabat Polri tersebut, ada satu pejabat dari Polda Sumut yang terkena rotasi, yakni Direktur Lalulintas Polda Sumut Kombes Pol Yully Kurniawan. Yully mendapatkan jabatan baru sebagai Kasubditdakgar Ditgakkum Koorlantas Polri. Untuk pengganti jabatan Dirlantas Polda Sumut yakni Kombes Pol Kemas Ahmad Yamin yang sebelumnya menjabat Dirlantas Polda Lampung.

Irjen Anang Ilham Revandoko menempati posisi baru sebagai Komandan Korps Brimob. Sementara posisi Kapolda Kalteng yang diemban Anang digantikan oleh Irjen Ilham Salahudin, yang sebelumnya menjabat Komandan Korps Brimob.

Untuk posisi Jenderal bintang satu yang menjabat Wakapolda, ada beberapa jenderal saling bertukar posisi dan dipromosikan ke jabatan baru baik di Mabes Polri maupun di Polda Tipe A.

Brigjen Rudi Setyawan yang sebelumnya menjadi Wakapolda lampung Diangkat menjadi Wakapolda Sumsel. Selain itu ada beberapa Polda yang memiliki pimpinan baru diantaranya, Wakapolda Lampung, Sulawesi Utara, Kalimantan Barat, Jambi, dan juga Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk Pamen lainnya AKBP Dony Alexander yang sebelumnya menjabat Kasubdit II Diresnarkoba Polda Metro Jaya mendapatkan jabatan baru menjadi Kapolres Malang Kota Polda Jatim. 

Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan ketika dikonfirmasi wartawan membenarkan mutasi tersebut. Ia mengakui kalau rotasi di tubuh Polri adalah hal yang biasa. (asw)