PRODUK JASA HUKUM
Kami menawarkan anda beberapa produk jasa hukum
Litigasi · Sosial · Kasar, Ini Himbauan Presiden Kepada Petugas PPKM
Kasar, Ini Himbauan Presiden Kepada Petugas PPKM
17 July, 2021
102
0
Presiden Joko Widodo saat menyampaikan pidato

Litigasi– Setelah dilaksanakan PPKM di beberapa wilayah di Indonesia akibat pandemi Covid-19 terjadi benturan-benturan antara petugas PPKM dan masyarakat juga pedagang kecil.

Dari beberapa video yang tersebar di tengah-tengah masyarakat melalui media sosial, tersiar keluhan-keluhan pedagang akibat penindakan petugas. Bahwa kondisi masyarakat saat ini mengeluh dengan sulitnya ekonomi untuk mempertahankan hidup baginya, anak-anak beserta keluarga.

Video yang viral saat insiden duggan pemukulan yang dilakukan oleh oknum Satpol PP terhadap pemilik warung yang notabene adalah ibu hamil di Sulawesi Selatan. Ketegangan terjadi sehingga insiden pemukulan itu terjadi.

ads

Pada 16 Juli 2021, Presiden menggelar Rapat Terbatas (Ratas) dengan Menterinya. Dalam Ratas tersebut Presiden Jokowi menyampakan hal penting yang harus ditindaklanjuti oleh jajarannya, terutama petugas-petugas yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dan pedagang.

Dikutip dari video berjudul “Pengantar Presiden RI pada Ratas Evaluasi PPKM Darurat, Istana Merdeka, 16 Juli 2021” pada Channel Youtube Sekretariat Presiden, diupload pada tanggal 17 Juli 2021. Pidato Presiden memberikan ultimatum yang harus dicermati dan dilaksanakan oleh seluruh jajaran yang terlibat PPKM.  

Hati-hati dalam menurunkan mobiliti indeks mengenai penyekatan dan penanganan terhadap masyarakat, terhadap pedagang, PKL TOKO saya minta kepada Polri dan juga nanti Mendagri kepada daerah agar jangan keras dan kasar!. Tegas dan santun sambil sosialisasi memberikan ajakan-ajakan sambil bagi beras, itu malah bisa sampek pesannya. Saya kira peristiwa-peristiwa ada di Sulawesi Selatan misalnya Satpol PP memukul pemilik warung apalagi ibu-ibu, ini untuk rakyat menjadi memanaskan suasana”.

Yang perlu dicermati dari pidato Presiden itu adalah:

jangan keras dan kasar!. Tegas dan santun sambil sosialisasi memberikan ajakan-ajakan sambil bagi beras…

Oleh karenanya, bagi oknum-oknum yang arogan dan bertindak kasar, bahkan sampai penganiayaan terhadap masyarakat harus ditindak sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

Kemudian Presiden menghawatirkan kondisi akan memanas jika penindakan dilakukan dengan sikap keras dan kasar

“…ini untuk rakyat menjadi memanaskan suasana”.

Pernyataaan Presiden memberikan warning bagi petugas dalam bertindak kepada masyarakat. Presiden juga memisalkan dengan kejadian di Sulawesi Selatan.