Kedua pelaku.
Tepergok Mencuri Sepeda Motor, Dua Maling Ditangkap Tentara
06 Aug 2019
00:08

DELISERDANG - Mau mencuri sepeda motor tepergok korbannya, duo maling, Sunardi (46), warga Sei Mencirim Paya Geli, Kecamatan Sunggal, Deliserdang, Sumatera Utara (Sumut) dan Anton (43), warga Titi Kuning, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan, ditangkap personil Komando Distrik Militer (Kodim) 0204/Deliserdang, Sabtu (3/8/2019) malam lalu, sekira pukul 19.30 WIB.

Duo maling sepeda motor ini terbilang punya nyali besar. Pasalnya, mereka melakukan aksinya persis di depan Markas Kodim 0204/DS.

Komandan Kodim 0204/DS, Letkol Kav Syamsul Arifin kepada wartawan, Senin (5/8/2019), menjelaskan awalnya, korban Juliani (39), pegawai negeri sipil (PNS), warga Desa Purwodadi, Kecamatan Pagar Merbau, Deliserdang, hendak berbelanja di Alfamart, tepatnya di depan Makodim 0204/DS, Jalan Galang, Km 2, Kecamatan Lubukpakam, Deliserdang.

Sesaat setelah sepeda motor Supra 125 BK 4751 MX diparkir dan korban masuk ke dalam Alfamart, kedua pelaku langsung melancarkan aksinya. Beruntung, korban yang mengetahui aksi itu keluar dan berupaya mempertahankan keretanya, sambil berteriak, "Maling, maling!".

"Dengan teriakan tersebut, satu orang pelaku berupaya melarikan diri dengan membawa sepeda motor korban, sehingga korban yang mempertahankan sepeda motornya terseret dan terjatuh," terang Letkol Syamsul Arifin.

Sedetik kemudian, salah seorang personil Kodim 0204/DS, Sertu Bangun pun tiba di lokasi untuk menangkap kedua pelaku. Namun bukannya menyerah, pelaku malah menabrak Sertu Bangun dengan sepeda motor yang dikendarainya.

"Mendengar teriakan dari korban, personel kita, Sertu Bangun (Pen Kodim 0204/DS) yang pada saat itu sedang berada di depan Makodim, segera datang ke TKP dan berhasil menangkap pelaku. namun tiba-tiba satu orang pelaku lainnya datang dengan mengendarai sepeda motor Honda Beat BK 6151 AGJ berusaha menolong kawannya dengan menabrakan sepeda motor ke arah Sertu Bangun, sehingga mengenai kaki kanan Sertu Bangun sampai terjatuh," tuturnya.

Tidak lama berselang, sambung Letkol Syamsul Arifin, personel Kodim 0204/DS lainnya, Sertu Agus (Hub Kodim 0204/DS) dan Pratu Eko (Adc Dandim 0204/DS) yang berada tidak jauh dari TKP datang membantu dan berhasil menangkap kedua pelaku pencurian sepeda motor tersebut.

Sejurus dengan itu, massa pun datang ke lokasi kejadian berusaha untuk memukuli pelaku yang sudah ditangkap.

"Akhirnya dengan bantuan anggota Piket dan jaga Satri Makodim 0204/DS, kedua pelaku beserta barang bukti berhasil diamankan di Piket/Jaga Satri Makodim 0204/DS dari amuk massa yang juga berkumpul di TKP," tuturnya.

Bersama kedua pelaku, turut diamankan sejumlah barang bukti, antara lain sepeda motor Honda Beat BK 6151 AJG, satu unit handphone merek Samsung, dua buah dompet berisi kartu Alfa Midi, kartu ATM BTPN, kartu ATM BRI, kartu Briz, satu SIM C an Anton, satu Kunci T dan tiga buah kunci merek Honda.

"Pada pukul 20.05 WIB, pihak kepolisian dari Polres Deliserdang atas nama Aiptu Tri Rubi piket Provos Polres Deliserdang beserta satu orang anggota tiba di Makodim. Selanjutnya membawa kedua pelaku beserta barang bukti ke Mapolres Deliserdang untuk proses hukum lebih lanjut," katanya. (asw)

Baca Juga :